Hallo my bro
udah lama menghilang dlm dunia perblogger long’s dateng membawa kabar kurang baik
Red Tyson kuda besi kesayangan paru – paru ny jebol sehingga terpaksa di kurung dlm kandang selama 1 minggu sambil menunggu dana berobat cair.
gejala penyakit ini berawal 1 bln yg lalu
sehabis long’s pulang bermain basket di pagi hari motor yg saat itu sedang di pacu melewati fly over saat jalan menurun tiba2 gas hilang seperti motor kehabisan bensin dan akhir ny mati. perlu waktu lama utk menghidupkan mesin ny kembali dan kejadian seperti ini berlangsung selama berhari2. solusi alternatif ny gas di gantung jgn sampe RPM turun.
Sampe akhir ny motor di service dan syukur kembali normal
tp gak berlangsung lama pengakit ny timbul lg dngn gejala ngebrebet bet bet. . . surfing ke internet (fp yamaha byson) ternyata banyak jga yg mengeluhkan seperti itu, begitu pun jga tmn se’Club sekira ny sudah 3 orang yg merasakan masalah yg sama dan malahan yg terakhir long’s liat dngn mata kepala sendiri motor ny mati/ mogok saat mau rolling ke Mabes.
baca di Blog Tetangga hal ini di sebabkan kualitas jelek karet vakum yg bentuk ny mirip kondom itu. btw harga ny sendiri terbilang mahal yaitu sekitar 200rb’an dan di buku garansi yamaha yg long’s baca tdk memberikan garansi utk part yg terbuat dr plastik/karet :waduh:
Harapan long’s sihh klo emang cacat produksi yha di recall biar konsumen senang. jgn sampe ky kasus fuel pump yamaha v-ixion yg dilakukan secara diam2, gak gentle ahh!
kayak nmp lah
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/11/velg-yamaha-byson-peyang-retak-pecah-ada-apa-ya/
ganti karbu king aja
boros …..
karbu king irit koq
( yang make juga alon2 saja )
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/29/racun-akselerasi-yamaha-byson/
karbu king agak boros fan
soal ny settingan ny lbh enak basah
di gas poll lngsung ngempos gan….
enk PE 28 lok mau nikmatin yg lbih josssssssss
PE28 yha!
Pantengin truz blog ini 🙂
satu kampung halaman sih,jadi penyakitnya mirip…
ayo inden…inden…
sama – sama berasal dari india sih. jdi gtu dhe 😆
terima kasih sudah berkunjung 😀
yup kualitas karetnya moin kurang baik…..
itu smua perna h ngalamin, cara ny jgn pake bensin premium… klo pun terpaksa bensin premium campurlah pake pertamax bgtu brooo alhasil nga akan pernah lg brebet….
Semoga cpt kelar n jd ajib lg motornya 😀
syukur kang
peristiwa ini membawa hikmah. skg kebo long’s malah lbh ngacir dr yg sebelum ny 😀
DI gnti MJnya aj bro…….spa tau jadi….
udh di ganti2 spuyer ny tp tetep aja gtu
dan aneh ny penyakit ini kadang muncul kadang gak (Angot2an)
emng susah …..sya jg pernah ngalamin….
coba deh ganti jarumnya.
wah, karet vacum ampe 200ribu. Alamax…
cukup mahal hanya utk sebuah karet
150rb bang bro
yg 200rb mlik scorpio
maaf sblumnya..
kebo ane jga kyak gt bro..
ni ane siasati ganti karet vakum karbu pnya thunder bro..
alhasil mtornya normal lgi bro..
kalau ragu,coba ganti yg imitasi dlu,harga skitar 10-20rb.
kalau yang ori skitar 30-50rb bro
itu saran ane bro..
o ya,kalau bisa d bongkar sendiri aj..
selamat mencoba.
Karet tersebut namanya membran/diaphragm gitu kalo gak salah.
Mungkin karetnya udah tua, jadi udah gak lentur lagi.
Coba beli aja di Indomart, bahkan ada yang rasa buah-buahan #ngaco
Penyakit mongtor asli india tuh mas… pulsar 135 ane jg ngalamin hal sama.. nmp, byson, pulsar asli india..
di lpas filter udranya aj…..
ud sya slidiki ada yg tersumbat…kena karet filter
di lpas filter udanya aj….
stelah sya slidiki ada yg terjepit
Apa nanti malah gak bahaya bro filter di buka debu jdi mdh masuk ke karburator ❓
di ksi filter fariasi aj……
Saya punya masalah kenpa byson saya setiap panas pasti mogok dia hidup tapi di gass pasti mati
mungkin keran bensinnya masi di ON belom di RES apalagi klo bensin uda tipis.biasanya gejalanya begitu mesin kayak mau mati ketika jalan
tpi setiap aku isi masi gitu kokk dia mau hidup tapi digas mati
apkah bysoon memng gitu yahhh pdhal msi 6 bulan lohh
disinyalir langsung ganti PE28 nih 😀
coba subtitusi sama punya yamaha xeon, kan karbunya sama tuh
kalo punya saya justru bukan karetnya, tapi skepnya yang baret2 n akhirnya lapisan teflon nya habis. selama 5 bulan kebelakang tiap riding 100km pasti dlm perjalanan harus bongkar karbu cuma buat ngelap skepnya doang, akhirnya sempet pake pe28 tapi g enak akhirnya hunting di fjb nyari karbu byson second, cek kondisi skep n masih oke, lgsung ambil alhamdulilah nyampe skr baik2 sj, tapi kalo misalnya penyakitnya dtg lgi trpaksa gnti karbu konvensional.
tpi lok d lpas filter udranya ….gx ad msalahah tu bro……
memang ga jadi maslah.. tapi timbul masalah baru mas bro…. karbu jadi kotor…
y d kasi ttp variasi
Kalo pulsar 135 mirip gejalanya.. Tapi penyebabnya Setingan klep terlalu rapat.. Jadi waktu panas klep memuai , bensin kecekik…
Byson nya kebanyakan ngrokok, wkwkwkwk. Bocor deh paru2 nya 😆
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/21/sedikit-hasil-jepret-pada-event-bikers-community-challenge-modification-contest/
apa karena kualitas india?? tanya kenapa….. 😛
terus sekarang pakai apa bro? ganti karbu atau cuma ganti karet nya saja nih?
filter udranya cpot aj
ane juga sama gan,,ampe bosen bolak balik ke beres yamaha,,g nemu solusinya,,btw ganti karbu y gan?
iya bro
ganti PE28 Solusi ny
ni gue punya pe28 harga 500ribu ja gn
merk keihin yg bagus punya gan minat p gk???????????????
skepny di olesin plumas
ane ngalamin kejadian yg sama , tapi ane coba kutak kutik, ternyata logika ane pada saat gas ditarik otomatis throtle akan terbuka sehingga udara yg masuk akan banyak , tapi jarum skep ga mau narik akibat pegas per yg ada, yg menimbulkan jarum ga mau narik keatas akibatnya bensin tidak mau mengalir banyak ke ruang bakar,ini yg menjadi mesin kecekek kekurangan asupan bensin, solusinya ane lepas pegas per yg ada di vakum sehingga tidak ada tekanan kebawah yg membuat jarum sulit terangkat oleh angin .jadi pada saat angin yg masuk banyak jarum akan mudah terangkat, dan hasilnya punya ane udah ga brebet lagi.memang kl mesin dingin agak brebet, tapi ane akalin choke ane pake saat awal jalan sampe mesin bener2 panas baru ane turunin lagi.hasilnya wesssss…..selamat mencoba
y gx ssuai ……mlh skepny terlalu naik…..bsa jd kborosan..
solusinya ring jarum karbu bagian atas d lepas..
skepnya di kasi minyak goreng dkit,,,
dan bacalah bismillah insyaallah jd ,,,
kyak punya saya
brooo,,,punya Qu jga sma seperti itu Byson kluaran 2010,,,ampe pusing gue mundar-mandir bengkel,,,ampe sekarang blom kelar,,,solusi yg terbaik apa nih,,tolong bantu,,,rekan2 smua??
Solusi ny ganti karbu bro
sama PE28 😈
boros gak nantinya klo diganti PE28?
Kalo gak, pake pwl aja
1 premium dapet 34km,
Irit kan??????
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Sebenrnya karbu vakum bisa dibuat spt karbu skep.. tinggal tarik karet membran dan ditutup pake koin+lem.. susahjelasinnya.. nanti ane kasih foto deh.. biar lbh jelas.. akselerasi 11-12 ky karbu pe
mantab tips ny!
tp sayang udh keburu di pensiunkan (karbu ny)
keren tipsnya. coba dong kasi foto karbu vakum dibuat seperti karbu skep
wah sma gan..punya ane baru 1 minggu gitu.parah bgt..dikasih solusi sama mekanik yamaha pki PE gan..trus biar perfoma mantap CDI pki BRT gan..
penasaran tuh karbu ditutup koin 🙂 kayak celengan semar aje haahahhah
bysonku jg keluhan sama…hadeewww
kirimin ftonya dunk bro membrany d ttup pke coin ane mau coba siapa tau ilang enjot enjotany
bro kalo pke karbu pe 28 mlik tdr air filter ori ny kepasang gk sma kabel gasny ?
ap hrus d ganti bro ?
Air filter bebas bro. Mau di buka/ tidak itu selera ente, kejar performa dibuka klo mau safe yha jangan. . . Kabel gas pke yg ori byson tp ujung nya (pentolan ny) di papas agar bisa masuk ke Tabung Skep
punyaku jg gt bro,, pernah ketika motor brebet dan mati mendadak, ane buka karbunya.. ehhhh ternyata tuh skep nyangkut di tengah2 posisinya,alias skep ga mau turun. usut punya usut ternyata skepnya baret2 dan jelas gerak naik turun skep pun jadi ga lancar..
kalo skepnya diampelas gimana brow……
ga berani pake amplas brow,, takut lapisan teflon nya ilang,, blum lg kalo oblak. kadang cm ane gosok pake compound. memang penyakitnya ilang. tp stelah 3 – 4 hari kumat lg tuh skep. ..nyangkut lagi. kira2 ada solusi laen gak selain ganti karbu ya…/
wah sama dong dgn mtr ku bang
dan tmen2 ku di sini (sampit, kal-teng), mtr ku kasus nx sama sperti itu, jdi solusi nx gmana bang, aq dan tmen2 hrus ganti karet membran (vakum) baru atau hrus ganti karbu yg baru..
mhon para abng2 smua nx bsa membrkan solusi nx maklum kami dkalimantan agak sulit cri info ..
untuk nggak pake BYSON
wah ane mmpe kena plat kopling,pusing jg..ad saran wan ane g gan..masa motor br 7 blan dah ngabisin dana 1jt.maaf karbu PE itu ap gan
haduuhh ga sembuh2 ne motor.. udah ada yg dapet solusinya ga agan2..
so gimana agan2 solusinya selain ganti karbu?? itu masalahnya di karet membrannya apa skepnya?? pusing bolak balik gada perubahan.. mohon infonya..
tlng beri solusi nx dong.. mtr ku msh kya gitu aja gak ada perubhan..
byson ku juga gtu masbro
kebanyakan mati di lampu merah ato pas ngurangi gigi pas tancap gas malah mati
kalw karbu pe 28 apa tarikan nambah g???
ayo dong temukan solusinya aku udah capek frend
ganti karet vakum udah.. tp sama aja.. normal sementara.. hadeh..
sama persis nih penyakitnya,
udah ganti sm PE28 ?gmn hasilnya?
bagi2 info nya gaan
Ganti karbu PE 28, tdk begitu boros & basah. Selang AIS ditutup rapat semua (AiS dicopot). CDI ganti BRT. Busi diganti iridium, Kemudian filter box dibuka copot busa filternya tp tetap pakai box filter. Byson saya cukup lancar segala medan, cocok untuk harian dikelasnya..
Masih kurang enak utuk kepuasan, motor DIJUAL.. Modal dikit ganti ninja 250cc.
coba gan per yg di vakum di lepas,,
gmana solusi nx mas bro, tmenku bru beli kya gitu jg.. akhrnx gak kpake mtr nx ktanx sih tkut bkin celaka djln soal nx mtr nx bsa mati mendadadak nant mlah dtubruk ama truk dri blakang..
kmren aq ada nanya2 mslh hrg vakum di dialer resmi nx hrga nx lumayan mahal dan brngnx djual trpisah2 gak satu set kya punyanx mega pro, kalo dhtung2 hmpir 400rabuan blum ongkos masang nx, jdi kalo dpikir2 lbh baik beli karbu aja langsung cuma 600rbu tpi kalo dtmpt ku di sampit gak ada brng nx jd hrus mesan dlu..
sammmmaaa bysnq jugaaa gt..,matiii yang jelasss mana ya,yang jelas jadinee ganti apa,biar ga bolak balik ke bengkelllll
Mas bro, gimana pake pe28 masih ndut2an gak, ane dah pusing neh, dah ke beres gak pernah ad solusi
he-some. PE28 saya lancar.. Pengen lancar AIS dicopot aja..
PRODUSEN (YAMAHA) HARUS ME RECALL KEMBALI YAMAHA BYSON YANG GAGAL PRODUK. YAMAHA HARUS BERTANGGUNG JAWAB DENGAN PRODUCT NYA, JANGAN KONSUMEN JADI YANG DIRUGIKAN
sama persis ama punya ane gan,. ane beli dari bulan 10 th2010 baru pake 2 bulanan udah mogok’an ane muter2 bengkel sekota g da yg bisa benerin,. eh ane kasih oktan booster lgsg ngaciiiir ampe skrg g pernah mogokan kecuali kalo g pake oktan booster psti lgsg mogok lg.
cobaa kasih oktaan booster gan beneran punya ane cuma ksh itu lgsg ngaciir dulu sempat mau gaanti karbu cuman ongkosy mahal jaddi ane coba kasih oktan booster eh syukur alhamdulillah ngaciir lg
Mungkin ini sedikit pencerahan dari kasus serupa / mirip yang dialami oleh teman kerja saya.
Usia motor Byson nya belum genap setahun, servis rutin sesuai schedule dan selalu dilakukan di BERES. dan beberapa bulan terakhir ini mengalami penyakit yang sama / mirip dengan penyakit Byson teman-teman disini.
Sempat “dicurigai” ini ulah karet vacum karena ada beberapa mekanik BERES bilang begitu. Tapi ketika ditantang yakin “sembuh” ngga’ kalo ganti karet vacum nya si mekanik belum memberikan jawaban yg memuaskan. Malah si mekanik memunculkan solusi lain dengan mengganti karbu milik motor lain.
Akhir nya ditengah kebimbangan nya rekan kerja saya mengambil solusi mengganti karbu byson nya dengan karbu motor lain. Dan percobaan hal tersebut tidak dilakukan di BERES tapi di bengkel umum yang kebetulan mekanik nya rada senior.
Saat pemasangan dan setting karbu saya menyaksikan sendiri. Beberapa kali itu karbu di bongkar lalu pasang lagi lalu setting lagi tapi yang nama nya “mbrebet” ngga’ sepenuh nya hilang.
Terakhir si mekanik buka busi motor dan dilihat warna pembakaran busi berwarna hitam jelaga. Mekanik menyimpulkan bahwa karbu sudah cukup bensin nya tapi pengapian ada yg tidak beres. Usut punya usut akhir nya di ketemukan bahwa “cangklong” kabel busi yang menempel di kepala busi kuningan di dalam nya ada retak.
Singkat cerita lalu digantilah “cangklong” busi tersebut dengan “cangklong” busi lain yang dijual di bengkel tersebut. Setelah canglong di ganti penyakit “mbrebet” hilang.
Besok nya motor byson nya dipakai saudara nya utk keluar kota (500km) dan info nya aman-aman saja selama perjalanan. Saat ini motor nya masih di luar kota dan nanti kalo sudah pulang teman saya berniat untuk mencoba memasang kembali karbu asli nya byson ke motor nya untuk mengetahui apakah penyakit “mbrebet” tersebut hanya berasal dari “cangklong” atau memang juga dari karbu nya.
semoga bermanfaat shearing pengalaman ini …
Terimakasih
dtunggu bang brita slanjut nx..
nanti kucoba ganti cangklokan busy nx kya yg abng saran kn,..
Hhhmmmm…ternyata si kebo byk penyakitnya ya,!!!
keboo siaaaaaaLaaan,,, nyesel ane beli kebo,ane jual sekalian ni kebo buat beli kambing,!!
hahahaha….. potong aja gan kebonya buat lebaran haji … hehe,,
pusing ma motor bison klo jalan macet motor mau mati aja mesinny,..klo di gas selalu ngempoz,,,haruz mainin ga baru adaan,,,,delear ga ada yg bisa,,,udah 1bln mtor nge brebet,,,
sama dgn mtorku, smpe skrang msh gak ada solusi nx,tmen2 ku jg bnyk seperti itu..
coba liat tabung yang ada di atas jarum karbunya, ada bekas gesekan gk di tabungnya ?
Kalo ada, berarti tabung tersebut nyangkut di dindingnya. Sehingga suplay bahan bakar kurang, saat RPM di tambah motor jadi mati. Jika di perjalanan mati, cukup ketok karbu beberapa kali dengan obeng. Agar tabung tersebut tidak menyangkut. INGAT mengetok karbur tidak disarankan, hanya bila kepepet saja atau anda sedang perjalanan jauh. Harga tabung kecil tersebut gak murah “setengah dari harga karbu tsb kalo di dialer resmi yamaha sekitar 400 rb_an”
Klo ganti PE 28 terlalu borosdan agak ribet pemasangannya. Solusi yg tepat ya Ganti karbu baru harga nya sekitar 700 rb di dialer. Walaupun penyakit yg sama pasti akan ter jadi lagi.
Gan motor ane byson kluaran pertama.
ko sekarang sering brebet ya ?
motor dah di servis,tpi seminggu kemudian brebet lgi nih….
kira” apa ya penyebabnya ?
tolong bales gan….
gak ada solusi nx lg, mtr ku aja ampe gak brani make tkt mati djalan..
pusing mkrin si kebo,. dh bnyk yg mengeluhkn bro mslh brebet itu,hmpir smua byson tmen2 ku kya gtu jg ..
coba liat tabung yang ada di atas jarum karbunya, ada bekas gesekan gk di tabungnya ?
Kalo ada, berarti tabung tersebut nyangkut di dindingnya. Sehingga suplay bahan bakar kurang, saat RPM di tambah motor jadi mati. Jika di perjalanan mati, cukup ketok karbu beberapa kali dengan obeng. Agar tabung tersebut tidak menyangkut. INGAT mengetok karbur tidak disarankan, hanya bila kepepet saja atau anda sedang perjalanan jauh. Harga tabung kecil tersebut gak murah “setengah dari harga karbu tsb kalo di dialer resmi yamaha sekitar 400 rb_an”
Klo ganti PE 28 terlalu borosdan agak ribet pemasangannya. Solusi yg tepat ya Ganti karbu baru harga nya sekitar 700 rb di dialer. Walaupun penyakit yg sama pasti akan ter jadi lagi.
sama kebo ane juga begitu +/- 2mgan kebelakang tapi sekarang normal lagi ane bawa sana sini tanya tanya ga ada yg tau buka internet katanya karet vakum untung ane belom beli tuh karet yg harga nya 174rb ane coba ganti koil pake jupiter mesin ga mati lg ane tes lari meain normal akhirnya ane ke dealer pesen koil byson baru ternyata koil nya udah lemah jadi ciba aja ganti koil dl dengan motor lain, kalo ternyata normal tinggal bl yg baru original buat byson jangan ke bengkel biasa ntar dikasih pubya bebek sama aja boong note kalo ganti koil pake bebek jangan si geber karna tegangan nya beda alhasil bisa mati. Pengalaman saya si kebo kemaren kasus nya ga jauh beda saat lari pas oper gigi dia brebet ampe mati ok semoga kebo nya pada sembuh lagi salam sruduk
Coba perhatikan byson berdiri tanpa standar tengah. posisi karbu, tegak apa miring? Dari pabriknya sono pemasangan karbu disinyalir miring condong kedpn,dipastikan ini membuat skep dan dinding karbu bergesekan ga normal, dampaknya skep pasti baret.trs solusinya skep gosok aj pake otosol.dinding karbu diamplas halus secara merata, n’ utk pemasangan karbu kembali usahakan tegak,patokannya tutup karet vakum..tagak/rata..#dijamin penyakit karbu sembuh! (asal pemasangan karet vakum benar)..ths
Wurung deh rencana beli Byson,…..mesinnya matekan trus pasti ndak murah untuk memperbaikinya.
kebo gue juga gitu gan…
tapi setelah saya ganti pe 28 jangan dah tanyak..
ngacir gan….
jrebet-jrebet ilang….
btw solusinya ganti karbu PE je gan….
dan untuk performa yang lebih baik CDI ganti BRT …
terus sensor yg menempel dikabru diapain bro..??
terus kalo sdh diganti PE 28 sensor yg menempel dikabru asli diapain bro..??
Sensornya ya gk di peke, di gantung di situ aja bro.
saya alamin brebet, maap bro kurang paham bahasa bengkel, saya selidiki itu penyebabnya skep(klo ga salah) yg naik turun yg buka nozzle bensin, ngempos biasanya abis dibawa ngebut lalu kita turunin speed dengan cepat, saat kita gas lagi ngempos tapi stasioner sih bisa, namun pas di gas, mesin brebet terus mati. menurut analisa saya, jadi ketika kita gas pol(ngebut) skep naik ke atas, terus waktu kita turun gas mendadak, itu skep ga ikutan turun(nyangkut, seret atau entahlah), akibatnya bensin dan udara sangat tidak optimal perbandingannya, masalahnya skep nya itu tidak turun seperti semula, biasanya masalah pada karet (membran) vakum itu, saya otak atik dikit, saya akal akalin per nya supaya lebih soft, terus pasang dengan sangat hati hati, di coba, akhirnya udah seminggu ini ga ngadat, saya pake byson 60 km perhari.
terimak kasih.
Ane jg tak copot gan
Kalo menurut ane bukannya skep e gak mau turun
Tp skep e gak mau naik,
Karena kemampuan karetnya udah berkurang,jd untuk bikin ruangan karbu vakum sempurna dan skep terangkat ke atas agak sulit
So, ane lepas aja per nya, shingga skepnya naik gak terhalang per,
Untuk turunya, gak dilepas aja udah turun ndiri
Ikut komen gan
Byson ane jg gitu,,,
Berbulan2 ndut2an,
Berulang kali bawa ke bgkel
Ampe males bawa bengkel
Pertama dulu emang ada air di karbu, so aliran bensin ke PJ n MJ ne gak lancar alias kesumbat,jd tiap kali di gas motor lgsg mati
tp dg ane cuke, bs digas lagi,
Tp nex lama2 n keseringan di cuke,jadine karbune mlah rusak, mberet2, untuk mengatasi sering2 Dikuras tangki n bersihin karbune,,,
Numpang komen gan… Pnya ane dh ampir 1 thn, aman2 aj t gan, gk ad mslh ama si kebo…
ntar lagi juga bakalan bertingkah kebonya…
kita semua udah ngalamin kok..
😦
Emang gtoe kog
Dulu ane jg gpp,
Tp setelah 1th an jd ndut2an,
Ampe skg jg gtoe,,,
Kjadian yg ane alamin lain e gne
Ternyata,pas motor mlepek, n mati gak bs distater, bensin dr tangki gak turun ke karbu,
Buat ngebuktiin gene, pas motor ente mati, coba buka skrup penguras bensin pada karbu,
Buka plong, bensin mengalir cuma yg ada di karbu doank, yg dr tangki gak keluar, coba pukul pelan2 pake pegangan obeng, baru bensin mau turun ke karbu,
Setelah turun, stater lagi
insya Allah motor idup lagi,
Moga bermanfaat
Powered by Telkomsel BlackBerry®
“Hot info & tips tentang Karbu Byson”
Hati-hati buat kalian yg memiliki yamaha byson, terutama pada Karburator BS26x1 nya byson. Penyakit yg sering timbul ” Saat gas di naikan, kemudian tiba-tiba rpm langsung rendah dan mesin mati. Penyakit ini bisa terjadi pada silinder tabung pada jarum Karburator BS26x1, yg bergesek dengan dinding karbu, sehingga silinder tabung pada jarum tersebut menyangkut pada dinding karbu. Hal ini sering terjadi pada kalian yg sering melakukan perjalanan jauh/lama. Apa lagi motor sering di geber-geber saat perjalanan”. Jika kalian merasakan hal yg demikian saat perjalanan, kalian bisa memukul karbu dengan obeng beberapa kali. Jika tidak bisa juga, coba liat karet vakum anda, jika terdapat lobang bolong di karet vakum, anda harus menggati karet vakum harganya sekitar Rp 160 (dialer). Gk cuma Byson, Jupiter MX 6 Speed jg mengalami hal yg demikian. Kalau untuk Byson atau MX 6 Speed baru 6 bulan pemakaian bisanya ya silinder tabung nya itu yang sering bermasalah, kalo untuk karet vakum amat jarang.
Karena karbu byson bermasalah..
Coba Bro semua Tes karbu motor berikut di bawah ini..
THUNDER 125
TVS RTR 160
NOUVO
SATRIA FU
SKYWAVE
HAYATE
SPIN
SKYDRIVE
XEON
Karbu motor di atas cocok di gunakan di kebo mas bro, saya juga sudah mengecek bentuk dan ukuran karbunya sama dengan yg di pakai kebo.
Sejauh ini karbu motor di atas tidak ada bermasalah pada kendaraannya kan ?
Barang kali teman” mas bro ada yg memiliki merk motor di atas, dan coba dulu pasang di kebo mas bro. Siapa tau berhasil.
Selamat mencoba !!
mau bagi2 info mas bro,aq pnya byson thn 2011 tp ahr thn 2012 mtr ku ngeberebet ky gt lah ada 9 bln mtr ku ky gt tp dah 2bn ini aq dpt solusi dr tmn bgkel ku d lampung d ganti aja per skep nya ama pnya porce one or rx sepesial alhamdulilah ampe saat ne blm ada tnda2 ngeberebet lg saranku pk aja per nya rx spesial agak lembut tarikan nya d bandingkan force tarikan gas nya agak berat.tks slmt mncoba aq yakin 85% berhasil tu pnyakit lgsg kabur.
KARBU vakum ori harus rapat menuju monipol lem dulu. klem pake klem radiator biar g ngobos trus tutup vakum kasi lem..jg ……busi iridium…perta
max…..stelan angin agak banyak,,.klo cm bensin kasi 40ml spirtus buat 1tangki byison biar setara pertamax 92-95 dan mesin halus jg enteng selmat mencoba
Ganti karbu pe28 di beres gan bli yg 200 rb aja trus mj pj diganti ori…ama.skepnya dijamin lebih baik dari vakum…
Baros… Cuman beda dikit klu pas setingannya
Ane juga ngalamin hal yang sama, baru 1 hari di service motor malah nggredet.. nggredet.. jalannya, lama2 gas ngempos kalo dibuka terus mesin mati… hareuhh…. apalagi kalo habis turunin gigi n putaran gas, langsung deh ngempozzz… minta sarannya dong kalo pas lagi kejadian kayak gitu di jalan, ane harus gimana??? tengkyu!!
Menurut ane langkah pertama, tarik cuk skep, tarik gas, pasti bisa jalan lagi sampe rumah
Selanjutnya setelah sampe rumah, bawa ke bengkel ganti karbu yg byasa(konvensional), setting karbu+tps nya, tutup lubang AIS nya,
Potong manifol +sambungkan ke karbu dengan karet slang radiator kijang, klem pake klem mobil, udah siappp jalan lagi,
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Biar jangan brebet langsamnya ditinggikan RPMnya truis sumbat AIS nya pakek baut..
weslah ayooo rame2 demo wae nang yamaha koyo gatel tenan ikiii….gak retio bison ki motor bosok…kenapa gw gak tau lok bison tu motor bodolan …bentar2 servis mlulu……….. ayooo gan protes aja selulruh indonesia tapi …komunitas bison2 cari solusi mah panjang kali lebar brooo yamaha yang harus tanggung jawab.
benar mas saya juga mengalami hal yg sama, jadi saya ganti jarum pelamping sesuai dengan saran teknisi yamaha, harganya mahal dan alhasil jg tidak ad pengaruh masalah masih juga sering terjadi
saya jga mengalami hal yg sama, bahkan bensin ane terkadang keluar, alhasil ane ganti jarum dan sampe skrg masih jg muncul hal tersebut, kira2 solusi
nya apa ya?
Gue kira cuma gue yg apes beli kebo,karbu ga beres. di jual juga ga ada yg mau.
Kejadian yg sama dgn Saya, skrg Byson Sya Pake PL 28 …. Lumayan lah rada nyentak ….. Blum tau kdepannya kya gmna Nih… Pngen pke karbu yg awet jangka panjang,, mau pke yg ori takut mgok d tngah jlan lg.
Sama juga gan… byson saya juga sama penyakitnya. Suka ngempozzzz.
Sangat memalukan klo mati pas lagi dilampu merah.
Sudah 2 bulan ini bolak balik bengkel yamaha. Tapi malah tambah parah dan sampe mekanik yamaha minta ganti coil. Dan hasilnya nol.
Tolong gan yang sdh punya solusi dishare dong.
Capek bolak balik ke bengkel.
Ganti karbu manual +setting tps, pasti sembuh kayak punyaku
Powered by Telkomsel BlackBerry®
dadi ragu mau beli Byson -_____-
punya q juga gtu bro,parah….
apa solusinya ni bro????
da pusing ni,mikiri si kebo….
malah tiap 50 meter mati
ganti karbu bro
Itu masalah e karbu ne
Vakum e udah gak elastis
Powered by Telkomsel BlackBerry®
gmn ni bro….. as ka si gson ae p28
masalah motor byson berarti sama… rata2 ada d karbu, punya ane jg sama suka ngederedet jg ngempozzzz. gimana tuh yamaha..? bnr kali kata orang.. motor byson itu produk gagal…… yang d rugikan koonsumen laqi.
numpang nanya gan
bwt yg udah lame pake karbu PE28
apakah ada kendala seteah pemakaian yang cukup lama
tolong komen nya
bwt PE28 yg d byson ya gan
alhamdulillah,saya punya byson sampai sekasang sehat wal afiat.. belum ada tanda2 karbu rewel… bahkan segitiga stang yg bnyak dibhas rawan pecah,,pnya sya 2x jatuh jg tdak pecah..
solusinya yang pertama, ganti karbu dengan rx king punya yg ori satu paket, trus busi pakai busi kode u24 jgn pakai iridium krn terlalu lama buat hasilkan panas pembakaran klo cuaca dingin.. ga ada masalah lg dengan mrebet,,klo karbu vakum sensitif dengan udara dan kelembaban,. byson ane skrg aman2 aj, tp jg kaget kalo indikator merah terus, krn sensor d lepas.. tp tarikan plong.. boleh di coba,,
kalo PE 28 mesti menyesuaikan PJ & Mj, tp karbu king ga perlu lg penyesuaian, cm seting angin aj lg…
sama sprti tmn”…sudah capek mikirnya bolak balik ke bengkel.dri ganti vakum sampai ganti karbu ninja r..awalnya lancar tpi lama” brebet jg,untungnya ad tmn yg ngasih info mekanik yg handal….alhamdulilah ampe skrng lancar” aj..cuma ganti sperpat yg ad pd karbu
substitusi pake karbu scorpio
Karbu scorpio bisa tp sama2 system vakum. Mending yg konvensional aja! Lebih joss
sama kebo ane
juga begitu +/-
2mgan
kebelakang tapi
sekarang normal
lagi ane bawa sana sini tanya
tanya ga ada yg
tau buka internet katanya karet vakum untung ane belom beli tuh karet yg
harga nya 174rb ane coba ganti
koil pake jupiter karna yg ada dirmh cm itu n coba juga ganti cdi, tapi kalo ane baru ganti koil aja dan akhirnya mesin ga mati lg
ane tes lari mesin normal, akhirnya
ane ke dealer pesen koil byson
baru ternyata koil nya udah lemah
jadi cuba aja ganti koil dl dengan
motor lain, kalo ternyata normal tinggal bl yg baru original buat byson jangan ke bengkel biasa ntar dikasih
punya bebek sama aja boong note kalo ganti koil pake bebek jangan di geber yg penting asal ketauan aja mesin ga mati lg
karna tegangan nya beda alhasil bisa mati.
Pengalaman saya si kebo kemaren kasus nya ga jauh beda saat lari pas oper gigi dia
brebet ampe mati ok semoga kebo
nya pada sembuh lagi salam sruduk, jangn pernah buka karet vakum untuk karby vakum cukup buka bawah nya aja semprot pk carb cleaner itu hanya pengalamab pribadi sapa tau penyakitnya sama dan beehasil normal lagi.
Byson saya baru ber usia 6 bulan dah penyakitan. Dimulai dgn karbu sampai ring piston. Saat berusia 14 bulan saya sudah minta dan diberi garansi untuk penggantian piston, ring dan blok. Pada usia 20 bulan suara mesin kasar, mekanik yamaha bilang “tiang sokarnya sudah kena”. Byson memang produk GAGAL.
Mudah2an Yamaha cepet berbenah sebelum Byson di anugerah’kan “Produk GAGAL” Award
byson ane 2010 beli second dr keponakan akhamdulullah ga ada keluhan, masalah keluhan yg kemaren sudah teratasi dengan ilmu pasti coba ganti cdi atau koil dengan yg ada jangan dl beli, kalo udah ketauan yang rusaknya antara koil atau cdi br dech beli yg baru mslh byson ane kemaren sama alhamdulillag setelah gaanti koil yang ada dirumah pake jupiter ga ada maslah ane tes 3hr pake jalan, udah dexh fix ane pergi ke yamaha nya beli koil baru 80rb ampe sekarang ngacir lagi peace 😉
Kejadian yang sama, Si Kebo Opname Gara2 Paru2nya Jebol, dan ternyata nunggu spare partnya 4 Hari
byson gw udah 17 bulan baru datang penyakit kayak di atas,,nyesel ni beli kebo,,udah kecewa dengan tarikannya eh ,malah tambah penyakit..anjritlah..
Hahahaa
Disabar’in aja bro
iya nih perbayak sabar…
saku kering ..hahahahahh
pake pertamax bro… atau bisa juga oplos bensin + pertamax, byson ane jg pernah ngalamin hal serupa, trus temen saranin pake pertamax…
ya oplos aja 7 liter bensin + 3 liter pertamax cukup lah
alhamdulilah sampe sekarang adem ayem bro…
untuk NMP jg sama bro..
semoga berguna.
Nice share bro 🙂
saat motor diputaran atas gas diturunin terus ditarik lagi motor malah mati kejadiaanya spt nouvo jaman dulu,saat gas ditarik ada angin masuk ada perbedaan tekanan angin skep naik keatas, saat gas diturunin skepnya turunya ogah ogahan,akibatnya mesin serasa kecekik kayak kurang bensin,atawa karbu kemasukan air,itu bisa diakibatkan dari kebocoran karet vakum,atau pernya yang mulai melemah
penyakit byson ini kaya virus yang dialami nuovo jaman dulu,gas ditarik keatas dirpm tinggi diturunin terus ditarik lagi gasnya motor malah mati,ini diakibatkan piston skepnya gak mau turun atawa ogah-ogahan turun,dampak dari ini mesin kecekik kaya kehabisan bensin atawa karbu kemasukan air,
ini bisa disebabkan karet vakum mengalami kebocoran,atawa pernya sudah mulai melemah
enakn mna bro pke karbu ninja rr sm pke karbu PE 28 ?
Tergantung gan
Klo suka akselerasi PE *tp boros
Klo biasa aja tp lbh responsif dibanding karbu ori > PWL
Kebo Edan ,,,,,,,
yg make stress,,,,,hahaaaaaaa
ampe puyeng gw….
Udah ke sekian kalinya dikecewakan Yamaha,,,
Kali ini aku beli Stang seher Byson di Yamaaha Mataram Sakti Blora,
Lamanya pol (-/+ 2 minggu) hari rabu sore disMS “mas pesanan Stang byson udah dateng, bs diambil skg ato besok”
Stelah itu keesokan hari mau tak ambil, malah dikasih stang Soul GT, jelas2 ada tulisan Soul GT pada kemasan masih dikasihke trus komplain, baru yg mas e nyadar, “e iya mas Salah”, ap yg tjadi selanjutnya??? 1minggu lagi ya mas dateng e,,,,,,, FUck u y****
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Tp gw penasaran yg ini broooott…….
Gimana menurut agan-agan nehhh,,,,,,?????
Setelah diservice KEBO langsung UB bawa pulang dengan posisi ngebut & geber2 habis tuh KEBO dan hasilnya UB bisa tersenyum lagi…. Akhirnya kelar penyakitku tanpa harus ganti karet Vakum…. ke esok hariannya sampai 2 Hari normal abis, eh pas Hari ketiga penyakit itupun kembali kambuh.. baru nikmatin 2 hari eh eror maning… tuk sementara pake karbu PIO aja deh dari pada mogok ditengah2 jalanan buahayaaa tuh… ke enakan pake karbu PIO hampir sampai lupa sama karbu KEBO yang belum UB tangani.. mumpung ada kesempatan ada waktu UB coba luangkan melihat kondisi si KARET KONDOM tersebut dan teringat pesan adik “Kalau belum ada yang sobek atau Bolong (kecil/Besar) KARET VAKUM masih layak dipergunakan.” akhirnya UB coba cermati dan amati secara sangat teliti dan tidak ada satupun gejala tersebut pada karet Vakum Kebo UB.. akhirnya UB berekperimen dengan menggunakan Per Scorpio pada karbu Kebo. lalu UB pasang kembali dan hasilnya .WOW permasalahan hilang motor normal kembali, dan sudah lebih dari 1 minggu KEBO UB beraktifitas seperti semula dan gejala bengek pun hilang..
Saya Udah Baca Komentar Dari Atas Ke Bawah.. Terus Solusi Yang Paling Jitu itu Mesti Diapain ya Karbunya?? Diganti or Cuman Dimodif Vakumnya,, diganti per or gimana nih Bro?? Yang Udah Fit Kondisi Kebonya Setelah Mengalami Sakit yang Sama.. Bagi” Donk Info terjitunya.. Thanks b 4
awal2 saya juga bingung mengalami itu karna tidak ada bengkel yg bisa mengatasinya, trus saya coba bongkar karbu sendri, ternyta masalahnya adalah posisi jarum skepnya tidak simetris(tidak lurus) tehadap lubang mainjet, dikarnakan ada tonjolan pada ring plastik pada pangkal jarum skep, shngga jarum nya sperti terganjal, dan condong kedepan dan tidak lurus.
kmudian tonjolan itu saya ampelas sampai posisi jarum skepnya lurus dngan lubang main jetnya dan hasilnya ngacir skrg..
salam sruduk.,
smoga membantu..
inti ny tdak memuas kan,karbu kebo..
harus gnti karbu manual..
bagi pengalaman… keboq jg kena penyakit yg sma tpi skrg da hlg.aq pke karbu pe28, manifold q pendekin trus diamplas dlmanx sesuai bsr karbu, karet pke slang radiator mobil, jgn lupa tutup sluran oli smpingx yg dkarbu,filter udara pke yg racing, q pke pj38. mj112,5(mj ori byzon) djamin ngacir asal settingan bagus. komsumsi bensin 1:37 top speed blom prnh tes (g brani trauma pernah patah bahu )gigi 4 tmbus 112kpj…
Byson brebet masalah nya cuma sepele jangan taroh kain lap atau barang2 dibawah jok motor mas bro,so dibawah jok seperti ada pembuangan angin Чăπğ Nƍƍäª boleh terhalang benda atau kain dan jg Nƍƍäª boleh di basahin ketika nyuci motor…
ane udah buktiin,pake bensin pertamax dicampur premium,spuyer kecepatan dibesarin dikit lngsung ilang brebet,ndut2 an . . padahal saya bwa ke bngkel resmi x saja gk bisa sebelum x
nisha nishi@heheheh . .sama ama yg ta alamin mas broo,,,,pake bensin premium dicampur pretamax liat perbedaanxx . . . . . . .
ane pake kebo baru 9 bulan gan….ane sebelumnya pake tiger revo sama vixi… mampus dah …..jujur ane nyesel beli kebo… powernya kayak keong’ nyari 100 aja kagak dapet dapet, tambah lagi sekarang sering
mbrebet…, kampas rem belakang boros…., lampu depan mati……
ane bingung ama YAMAHA… kenapa kok motor belon mateng begini di jual…
” ane mending ganti lagi ke vixi deh….
kebo klu keadaan berhenti digas tidak mau balik apa solusinya?
saya baru beli byson tgl 13 january 2014
plat putih dateng tgl 21 january 2014
saya pakai .. trus tak beli.in pertamax + bensin
pas pulang skolah sih gpapa.
trus sore nya saya keluar jam 3 sore… kerumah temenku… cuman 2km..
ke rmh temenku ngembalikan baju volly. pas itu langsung pulang.
pas di lampu merah belok kiri saya mau nyalip becak. pas ku tarik gasnya… kecepatan40-50… mesinnya mau mati trus… yaah aku turunkan gigi byson menjadi 3-4… kecepatan 30-40…
kalau boleh tahu… penyebabnya itu apa gan..
mohon infonya ya
pas mau nyalip truk…. mau kencang sekali….
belum 60 ajah.. mesinnya batuk besar.dan mau mati mesin itu gan
Kalo menilik dari koment dr mas broo skalian..kalo boleh ikutan koment…mnurut sy yg jadi mslh adalah bkn pada karbu vacum sikebo yg brmslh ttpi pada karet moncong karbu ke saringan udara yg bgitu sngt sngt pnjng sehingga asupan udara dan kurang maxi mbuat karbu mnjadi cepat tercemar alias kuotor.. Klaou mas bro gak percaya coba karbu vacum masbroo ganti baru punya motor jenis lain yg pnting karbu vacum hasilx pasti sama alias gak bertahan lama..solusinya lepas saringan masbroo skalian ganti ama saringan kecil dimoncong karbu atau ganti karbu menggunakan karbu biasa aja milik king , ninja, ato nsr ..boleh memasang saringan udara asal jangan menggunakan karbu vacum.!!!. Slamat mencoba..
kebo emang barang cacad
Menurut pengalaman ane.itu yg mtor bru 1bln jgn naruh sesuatu didalem jok mtor yg bs menyumbat filter.trz yg udah pake lama,emg bener kelemahan diyamaha am suzuki terletak dikarbuny.solusi paling ampuh ganti pake karbu konvesional aj,biarin gk ramah lingkungan.yg pntg gk trlalu mencemari lingkungan kaya pabrik2.wkwkwkwk berani jamin 100%masalah teratasi.cek juga tu2p busi,am businy.
Solusi Bang Jenderal sama Bang Brother boleh diikutin tuh…jad blom tentu dari Karburator atau komponen karetx
yg pnya bison bermasalah cepet2 jual aja, ganti dg motor laen. sebelum otak pusing duit abis buat servis tapi pnyakit gk ilang2. kalu yg banyak duit mending di bakar trus masukin berita biar jadi koreksi yamaha.(ungkapan kekecewaan)
Salam mas bro, gw mau nanya nih ada gak choke/ katup cuk karbu motor laen yg sama ukurannya dgn katup cuk karbu si kebo atau tips2 mengatasi,memodif atau apalah yg penting ada ? kalo ada tolong pencerahannya krn katup cuk karbu kebo gw rusak alias bengkok gara2 salah cungkil waktu cuci karbu. gw bs lurusin lagi bengkokannya tp alhasil si kebo malah ngamuk2 kayak org stress jatuh miskin gara2 gagal jd caleg alias tarikan gasnya kadang naik/tinggi tiba2 & susah bs turun atau normal kembali terkecuali gw matiin motor atau mainin setelan gas si kebo. tp hal seperti itu kadang gak bertahan lama & gw takutnya kalo lg bawa motor perjalanan jauh terus tiba2 naik sendiri gasnya bisa2 gw yg berabe ngerem amukan si kebo dijalan + nyawa gw jadi taruhannya. gw udh nyoba ganti karbu RX-KING tp hasilnya nihil,, tetep aja kebo gw tiba2 murka gak ketulungan alias gasnya naik sendiri. kalo ada saran tolong dibantu yah mas bro. thx…!
Sama GaN Kebo ane msh brebet… bkin pusingg n malas bolak balik k bengkel resmi tp tdk bisa ngatasi….. Nyesel tuku byson!!!
Ganti karbu bysa,
Pasti beres
Powered by Telkomsel BlackBerry®
di pressisi karbunya gan di jamin ngabrit lg…nga ada penyakit lg…100% bebas dari berebet
ikutan curhat ne gan byson ane 2011 km 56067
daftar penyakit byson yg ane alamin :
1 lemooot ngga ketulungan, lawan supra x 125 aja keok,
2 lampu blakang sering putus, udeh 4 kali ganti bohlam
3 oli mesin kadang meluber,
4. udeh 3 bulan penyakit bengek alias ngempos belum juga sembuh,
udeh 7 beres yamaha yg mengatasi tak ada titik teraang,,
nah yg ane alamin sama kaya agan2 dimari,
paling tepat solusinya apa gan,,,??
semua cara udah dicoba tp gagal.
Ganti karbu bysa deh,
Maknyus,,,,
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Banyak kendaraan yang menggunakan sistem vakum yang bermasalah..seperti datangnya penyakit yang tiba2 mberebet,mati total,ngempos saat jalan,…apa yang kita bayangkan bila kita saat berkendara di jalan tiba-tiba mati total / berebet2 di jalan…sesuatu bisa mengancam kita dan membahayakan pengguna jalan yang lain Di sini saya membuka untuk perbaikan karbu vakum….. Sistem perbaikan press karbu vakum untuk membuka akses2 komponen supaya bekerja teratur di dalam karburator Servis PRESS KARBU VAKUM bukan servis ringan seperti di bengkel 2 PRESS KARBU VAKUM adalah metode servis yang saya ciptakan sendiri menggunakan alat pressisi vakum BISA HUBUNGI SAYA DI :087888028668 Hanya hari SABTU saya buka untuk PRESS KARBU yang menggunakan sistem karburator vakum………… Untuk wilayah di luar kota bisa di paketkan karburatornya lewat jasa pengiriman paket.. Buktikan hasilnya setelah di press…penyakit/virus pada karburator hilang PERBAIKAN UNTUK PRESS KARBURATOR VAKUM TIDAK ADA SPARPART YANG DI GANTI 100% KENDARAAN ANDA BEBAS DARI PENYAKITNYA…. Alamat : VILLA BINTARO INDAH ..Jln.sulawesi blok B4 no 10A…patokannya stasiun sudimara…ciputat jombang…bisa dari bintaro sektor 9….pintu gerbang dekat RS IMC bintaro…..rumah sy di depan masjid baiturrahman di dalam komplek
Bagi yg msh ngempos nih SOLUSINYA…
byson sy bln 2 th 2012, masalah tarikan emang agak lemot, sblmnya saya pengguna rx king, terus vixion, skrg pke byson man, emang diantara ke 3 nya byson juara 3, tp ya lumayan kenceng klo cuman lawan bebek ama matic , NMP, verza, atau yg sekelasnya… msh bisa nglawan tergantung joki….
kembali ke karbu ngempos.
karbu ngempos di sebabkan krn gini pada saat rpm tinggi skep naik shg menganggakat jarum saluran bensin, dan pada saat rpm rendah skep turun dan jarum ikut turun menutup saluran bensin, nah pada saat kita akan ngegas lg mesin tiba2 mati ini di sbbkan krn skep dan jarum tidak mau naik, penyebabnya krn skep nyangkut di rmhnya skep,
cek karbu, liat skep bila skep baret, maka itu penyebabnya…
cara mengatasinya amplas karbu pd lubang skep menggunakan amplas halus no 800 (beli di toko bangunan) sampai permukaan rata dan halus, bersihkan karbu, pasang kembali skep sebelumnya oleskan oli(oli baru jangan oli bekas),
Kalo ada yg lampu belakang sering mati ganti pke lampu LED di jamin awet..
Untuk keluhan lain sprti shock depan bocor, dll, yg perlu di perhatikan jga adalah apakah anda memarkir byson di tempat yg terlindungi dr panas dan hujan apa engga. klo sering kepanasan dan kehujanan ya itu salah 1 penyebab umur spare part tidak lama.
tp alhamdulillah byson sy udh ultah yg ke 2 msh sehat walafiat…
ane jg ngalami kyak gni, tp 2,5 thun lalu mtor ane masih ok..
sekarng malah brebet”..
dr agan” yg d atas ad yg blang per pda skep d lepas,,
apa turun gasnya gak lma ni..
kalau lma kan bhaya waktu rem dadak..
maaf,nongol lagi bro
tdi yg diatas ad yg bhas gnti karet vakum seharga d atas seratus.
ni ane siasati ganti karet vakum karbu pnya thunder bro..
alhasil mtornya normal lgi bro..
kalau ragu,coba ganti yg imitasi dluharga skitar 10-20rb.
kalau yang ori skitar 30-50rb bro
jdi,ngapain ganti mahal” kalau hasilnya sama..
itu saran ane bro..
o ya,kalau bisa d bongkar sendiri aj..
selamat mencoba.
Jd bgm ni solusi yg tepat gan,apkh hrs ganti karet vakum,apa jarum skepnya,apkh coil.ya,atau hrs di ganti satu persatu ,minta solusinya gan
Cari cara yg paling murah dlu gan! Baru next klo msh kumat ke yg lbh berat. Tp long’s pribadi ganti karbu utk mengatasi nya
kebo ane mantab gan dah 2 tahun km dah 50ribu, semua masih standard, dari baru gak pernah ke bengkel, ganti oli ganti busi ganti bohlam dll semua sendiri, kalau bersihin karbu saya tiap 1 tahun sekali, semakin sering dibongkar tu karbu ya terima akibatnya
intinya belajar betulin motor sendiri, motor itu seperti istri, ente rela istri didemok2 orang lain
Motor gak bisa disamain seperti istri jga. Karena adakala nya motor dipinjem teman / keluarga dan klo sudah bosan / penyakitan di Jual ke orang lain. Masa istri digituin jga seh.. wkwkwk
Saya jg pk kebo 2012 dan akhir2 ni sering mogok dan gas kosong…kl saya pk pe28 apakh mtr akan ttp normal ato trjado perubahan..
Saya mau nanya tentang karbu byson , bnyk yang menyarankan pakai karet vacum thunder tetapi setelah saya ganti motor saya malah ga mau lari masa mentok 5500 Rpm, gmna solusi’a
pengalaman saya selama dua tahun bersama si kebo, ngempoz ada dua faktor penyebab 1. cek aliran bensin lancar atau tidak, caranya copot selang bensin menuju ke karbu putar kran RES, liat aliran bensinnya lancar atau tdk bila tidak lancar artinya tutup tangki kemungkinan kotor, bersihkan dengan udara bertekanan atau kompresor, bila perlu bisa dengan pembersih karat. 2. masalah di karburator cek karet vakum apakah kondisi masih bagus, dan per nya mungkin lemah solusinya per bisa d rentangkan atau ditarik. sekarang bisa d cek sendiri tanpa harus ke bengkel. buat perfoma byson bisa naikin 20% dengan mengganti CDI BRT hyverband + Knalpot Freeflow. udah cukup. plug n play. semoga membantu.
Brebet byson gw udah ilang bro semenjak pake pertamak terus,td’a bulak balik servis karbu trus,cuma skr giliran dompet yg jd berebet,50 ribu per 2 hari hadeeeh,.
50rb ane pke premium bs buat seminggu lbih brow..
PE28 kw2 mantaf,
Otak-atik dikit tapiii…hhh
PJ di gnti ukuran 38-45 sesuai srlera,jarum skep pake punya GL PRO,,MJ pke 110.
Tinggal stel dueh..
Pke filter/gak itu selera..
Tp klo gk pake filter sih pastinya krbu cprt kotor..emang sieh lbih enteng.
Mau lbh enak lg?
Manipulnya dipotong aja,
Klo msih brebet/nembak slang angin tmbhan dr mesin ditutup pke baut aja..
Pasti ilang nembaknya..
Boroskah??
Boros bgd sieh enngk..klo setinganya pas..
Tergantung setelan jarum skep,MJ dan PJ nya brow.
Masih kurang??
CDI nya gnti pake BRT yg g pke limit+ gnti busi dan cok busi ricing..
Alamaaaaakkk….
Tarikan jd enteng gk batuk gk ngadat..udh 2thn nieh ane nikmatin..
Masih awet hingga skrg..
Bro pa solusi terbaik nya klo kehadian gitu. Dah cpek ni asik mogok d tengah hujan ja n terik matahri…ksi solusi y bro
MAs Bro pengen nanya ni kenapa byson ane di dalam mesin ada suara kaya rante keteng kena, tapi kata bengkel yamaha gpp…!!
[…] Karbu Vakum Yamaha Byson Cacat Produksi? | Night Rider – 16/6/2012 · karbu king agak boros fan soal ny settingan ny lbh enak basah… […]
Mending carbu vakum di satuin ama karbu convensional. Pakai aja olor gas yg bercabang dua. Yang satu ke pacu vakum yg satu ke pacu skep. Buat lubang sendiri di atas tutup per. Kasi kancing di tutupnya. Ini cara cuma buat ngebenerin bukan buat cun up. Kalo mau oprek jg ttp bisa. Tinggl atur aja kondisinya. Usahakan kabel narik skep telat alias naik nomer 2 abis kabel gas vakum. Selamat mencoba.
setelah semua aku baca, kayaknya gak ada tanggapan sama sekali ke pihak yamaha kenapa ya?. sebernernya service purna jual itu harus mantap , masak setiap kebengkel yamaha pasti bilang ” memang begitu bang penyakit byson ” harusnya gak boleh. pihak yamaha harus lebih care lagi sama pengguna produknya jangan dibiarkan consumen cari solusi sendiri.
pernah aku tanya ke pihak bengkel yamaha, bahwa pemasangan skep cerbu byson nggak boleh miring walau sedikit itu berakibat bisa mengganggu naik turunya skep, tanda masang skep miring yaitu skep ada yg permukaanya udah tipis akibat gesekan biasa sebelah dan sebelahnya nggak, padahal yg masang juga mekanik yamaha sendiri juga………intinya kurang memuaskan untuk pelayanan servis yamaha byson.
saya juga pengguna byson dan mengalami juga penyakit seperti itu, sampai ada temen pengguna byson gak berani naik byson sambil nyalip motor lain ,maunya naik dipinggir aja alasanya takut mesinya tiba2 mati kan udah parah banget………………..
sampai sekarang penyakit karbu byson belum tuntas.. Pihak Yamaha pun tidak menanggapi masalah serius pengguna yamaha byson ini..
Saya pengguna baru byson plat juni 20, semoga tidak ada masalah, dari awal pake pertamax…..
Anjayyy,,ane udah terlanjur beli kebo lagi,,hadohh jadi agak nyesel beli kebo kok masalah bnyak bgt yaakk,,tarikannya kagak ada,,jau kalo cma sama FU 150,,hadoohh kebo ane gmna ni jadi
Knp karbunya yamaha byson tidak di tarik dari pasaran ? Pdhl ini bkan trable biasa. Mestinya kita kompak komplain ke yamaha…
kenapa eh kenapa minuman itu haram
karena eh karena
setelah ane baca dr atas sampai bawah.. jdi kekurangan/penyakit Byson semua’y hampir sama… Motor ane Byson thn 2013 jg gitu… sering mati sendiri pas lepas gas… klo RPM gi diatas.. pas macet2 nya jg… jdi solusi yg tepat en jitu yg mna yah agan2 sekalian…
saran ane simpel gan dan ga perlu ganti karbu, coba pake besin dengan oktan lebih tinggi. pertamax atau super 92 nya shell. motor ane lancar sampe sekarang. selain ga brebet ruang bakar juga lebih bersih. selamat mencoba
Ane juga ngalamii hal yg sm mas bro, distarter langsung nyala, digas malah mati. Ini baru mau coba ganti karet vacum satu set. Kalo udah ganti, baru tak kasih laporannnya mas bro
kalo pakai karbu supra x125 bisa gak ya?